Sunday, October 2, 2011

ENTROK

Posted by rismawid at 3:18 PM
Entrok, judul novel ini begitu asing ketika aku melihatnya di deretan rak toko buku Gramedia, aneh dan bikin penasaran, tanpa pikir panjang ku raih buku tersebut untuk membaca sinopsisnya. hmmm masih tak menjelaskan apa itu entrok, kusimpan lagi buku tersebut namun tetap menbayangi pikiranku sampai suatu hari aku melihat di timeline retweets gramedia yang menyebutkan "kasus Munir mengingatkan pada sosok Marni pada novel Entrok". Munir?? sehebat apa Marni ini?? rasa penasaran itu lah yang mendorong aku malam itu juga bergerak ke Gramedia Semanggi demi Entrok.

Ahiii bukunya tinggal satu, itu pun udah agak buluk dan udah ga di plastikin, tapi yaudahlah selama halamannya masih komplit tetap aku beli.

GREAT, wow, Huh, Fyuuuhhh, kata-kata itu yang bisa aku lontarkan untuk bukunya Okky Madasari yang satu ini, kisah demi kisah diceritakan dengan lugas tanpa bahasa yang bertele-tele, setiap kejadian terasa sangat nyata, aku sangat terbawa dalam cerita tersebut, serasa ikut hidup di jaman taun 60an. Emosi, marah, tarik napas panjang, ngelus dada, sampai menitikkan air mata aku di buatnya.

PKI, Aparat Loreng yang keparat, kesewenang-wenangan penguasa orde baru, semua benar-benar terasa menyakiti nurani, tapi semangat juang Marni dan Rahayu membuat aku merasa kuat.

Aku ga akan bercerita panjang lebar tentang isi novel tersebut, jika kamu merasa masih punya rasa nasionalis dan hati nurani, tak ada salahnya menyisihkan sedikit waktumu untuk membaca novel Entrok.




0 comments:

Post a Comment

silahkan anda berkomentar


 

Hot Tea Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos