Saturday, October 8, 2011

86

Posted by rismawid at 2:58 PM
86, lagi-lagi judul yang menggelitik, sama seperti novel pertamanya ENTROK, tapi kali ini aku tertarik membeli novel 86 bukan hanya karena penasaran tapi aku merasa berkewajiban membeli novel-novel karangan Okky Madasari setelah Entrok novel pertamanya membuat aku kagum dan memutuskan untuk mengoleksi semua hasil goresan pemikiran Okky Madasari.

Apa itu 86? tahun kelahiran? angka genap? 86 sama dengan mengerti, salah satu kata sandi dalam kepolisian, namun dalam novel ini kata 86 dibuat sedemikian populer di berbagai kalangan, 86 di sama artikan dengan cincai atau beres.
Isi keseluruhan novel ini merupakan sarkasme untuk institusi keadilan, perihal laku koruptif sangat menonjol dalam novel ini, mulai dari makelar perkara sampai gembong sabu-sabu, semua legal jika sudah 86, benar-benar memprihatinkan.

Praktek korupsi, suap menyuap, menjadi pemandangan biasa bahkan sudah membudaya dan mendarah daging di tubuh setiap insan yang serakah, memilih jalan pintas dan menghalalkan segala cara demi suatu kemenangan, tidak hanya terjadi di kota besar tapi sudah beranak pinang ke daerah-daerah bahkan pedesaan.

0 comments:

Post a Comment

silahkan anda berkomentar


 

Hot Tea Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos